Wednesday, December 19, 2018

CARA MENGUPAS CANGKANG KEMIRI

Poker Terpercaya - Kalau kalian suka memasak pasti kalian sudah sangat akrab dengan rempah-rempah yang bernama kemiri karena bahan dapur yang satu ini memang sangat di perluan dalam beberapa masakan agar hasilnya bagus dan lebih nikmat. Masakan yang tidak bisa lepas dari kemiri adalah masakan yang bersantan.

Karena santan akan mudah pecah saat di masak tanpa menggunakan kemiri yang memiliki sifat sebagai pengikat santan maka keberadaan dirinya dalam masakan tersebut sangat di perlukan. Biasanya sebelum di haluskan dengan cobek beserta rempah-rempah lainnya itu kemiri perlu di sangrai dulu agar cita rasanya terjaga dan aromanya tidak terlalu kuat dalam masakan.


http://dewa54.com/


Poker Online - Selain menjadi bahan rempah-rempah, kemiri juga dapat di olah untuk di ambil minyaknya yang di kenal sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Jadi kalau ada yang memiliki masalah dengan rambutnya seperti mengalami kerontokan, susah tumbuh dan lain sebagainya maka minyak kemiri bisa di gunakan untuk menangani permasalahan tersebut.

Biji kemiri berasal dari pohonkemiri yang mampu tumbuh tinggi sampai 40 meter. Di beberapa negara itu biji kemiri di manfaatkan sebagai sumber minyak dan bumbu dapur. Tidak di ketahui dari mana asalnya tapi tumbuhan kemiri menyebar luas mulai dari asia selatan, asia timur, asia tenggara termasuk dengan Indonesia.

Poker Terkini - Dan karena kemiri memiliki cangkang yang sangat keras maka di perlukan alat yang keras juga untuk menghancurkan cangkangnya tersebut. Maka di sini kami akan memberikan beberapa tips untuk membuka kemiri dari cangkang yang keras tersebut yakni kalian bisa menjemur terlebih dahulu kemiri di bawah terik matahari sampai cangkangnya itu kering.

Proses yang satu ini membutuhkan waktu sekitar 7 hari dan harus berpapasan dengan sinar matahari. Kemiri yang sudah selesai di jemur itu pun kemudian di rebus. Proses yang satu ini jangan di lakukan lama-lama pokoknya setelah air sudah mendidih maka langsung angkat kemiri tersebut karena kalau terlalu lama maka biji kemiri tidak akan berwarna putih dan akan cenderung berwarna kuning kemerahan.

Kemudian kalian bisa rendam kemiri-kemiri yang sudah di rebus itu utnuk di dinginkan setelah itu angkat dan tiriskan kemiri-kemiri tersebut. Sebaiknya tempatkan kemiri-kemiri yang sudah di rendam ini dalam wadah yang berpori agar cepat kering. Kemudian kalian bisa siapkan bahan-bahan yang akan membuka biji kemiri itu.

Agen Poker - Kalian perlu menyiapkan batu dan alas batu terus kalian siapkan dua wadah yang satu buat biji kemiri dan yang satu lagi buat cangkang kemiri. Terus kalau sudah kering kemirinya maka kalian sudah bisa memecahkan cangkang kemiri dengan batu yang sudah di siapkan. 

Biji kemiri yang sudah berhasil di keluarkan dari cangkang harus di jemur lagi agar kadar airnya berkurang dan bisa bertahan lama. Sebelumnya kalian harus pisahkan biji yang utuh dan biji yang sudah pecah karena kalau di jual keduanya akan memiliki harga yang sangat berbeda di pasaran. 

Proses penjemuran biji kemiri ini akan memakan waktu beberapa hari dan kondisi cuaca juga akan memengaruhi proses ini. Itulah cara mengupas atau menghancurkan cangkang kemiri dengan cara tradisional. Untuk cangkang kemiri yang sudah di pisahkan itu masih dapat di gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti menjadi bahan bakar untuk memasak. 

Cangkang kemiri juga dapat di jadikan arang aktif dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan menggunakan drum. Prosesnya mungkin akan mirip dengan pembuatan arang aktif dari tempurung kelapa atau bisa di tanyakan langsung pada orang yang sudah berpengalaman.

No comments:

Post a Comment